78 TPS di Kota Bogor Masuk Kategori Rawan Bencana, BPBD Sarankan Relokasi

kategori rawan bencana
Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Hidayatulloh. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Sebanyak 78 dari 1.524 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilkada 2024 di Kota Bogor teridentifikasi berada di kawasan kategori rawan bencana.

Informasi ini diungkapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor yang bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Hidayatulloh, menyarankan agar lokasi TPS yang berada di area berisiko bencana dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

Advertisement

“Bencana memang berada di luar kendali manusia, tetapi kita harus berupaya agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar,” ujar Hidayatulloh, belum lama ini.

Baca Juga :  PUASA TAPI KOK TETAP NYONTEK SAAT UJIAN

Dari data BPBD Kota Bogor, Kecamatan Bogor Barat memiliki jumlah TPS paling banyak di area rawan bencana, dengan total 27 TPS. Disusul oleh Kecamatan Bogor Utara dengan 16 TPS, Bogor Selatan dengan 11 TPS, Bogor Tengah dan Tanah Sareal masing-masing 9 TPS, serta Bogor Timur dengan 6 TPS.

Hidayatulloh menjelaskan, mayoritas TPS tersebut berada di wilayah yang rentan terhadap longsor, banjir lintasan, dan angin puting beliung.

Baca Juga :  Profil Singkat Solihin Gautama Purwanegara, Mantan Gubernur Jabar Periode 1970-1875

“Kami berharap TPS yang berada di lokasi rawan bencana, seperti daerah rawan banjir, dapat dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi,” tambahnya.

Untuk TPS yang berada di daerah rawan puting beliung, Hidayatulloh menyarankan agar tidak menggunakan tenda, tetapi memilih lokasi di dalam bangunan yang lebih aman bagi petugas. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================