Prakiraan Cuaca : Potensi Gelombang Tinggi Mengintai Sejumlah Wilayah Indonesia

prakiraan cuaca
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Senin, 12 Agustus 2024, diperkirakan akan menjadi hari yang penuh tantangan bagi beberapa wilayah di Indonesia.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah daerah harus bersiap menghadapi cuaca ekstrem dan potensi gelombang tinggi di beberapa perairan.

Melalui laman resminya, BMKG memberikan peringatan dini bagi masyarakat di beberapa wilayah yang diperkirakan akan dilanda hujan lebat.

Advertisement

Papua Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Maluku Utara, Papua, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah menjadi daerah yang masuk dalam kategori waspada terhadap dampak hujan lebat yang bisa memicu banjir atau longsor.

Tidak hanya itu, bagi mereka yang beraktivitas di laut, peringatan potensi gelombang sedang hingga tinggi juga menjadi perhatian utama.

Baca Juga :  Polresta Bogor Kota Luncurkan Aplikasi SIKASEP untuk Pelayanan Publik yang Lebih Mudah

Gelombang dengan ketinggian 1,25 hingga 2,50 meter diperkirakan akan melanda area perairan di berbagai wilayah, seperti di perairan Utara Pulau Sabang, perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, dan perairan Selatan Jawa hingga Pulau Sumba.

Selain itu, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Selat Bali, Selat Lombok, Selat Alas bagian Selatan, serta Laut Sawu juga diperkirakan mengalami gelombang sedang.

Bahkan, gelombang dengan ketinggian lebih dari 2,5 meter hingga 4,0 meter berpotensi terjadi di perairan Pulau Enggano, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, serta Samudra Hindia Selatan Banten.

Baca Juga :  BMKG Imbau Masyarakat di Pesisir Waspada Potensi Banjir Rob

Masyarakat yang berada di wilayah perairan diimbau untuk waspada dan memperhatikan kondisi cuaca sebelum melaut.

Sementara itu, penduduk di daerah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat disarankan untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Dengan peringatan dini ini, diharapkan masyarakat dapat lebih siap dan waspada, sehingga risiko dan dampak dari cuaca ekstrem dapat diminimalkan.

BMKG terus memantau perkembangan cuaca dan memberikan informasi terkini agar masyarakat dapat mengambil langkah yang tepat dalam menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu ini. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================