Disparbud Mencatat Kunjungan Wisatawan ke Kota Bogor Meroket di 2024

disparbud
Perayaan Pesta Rakyat Cap Go Meh (CGM) di Kota Bogor. Foto : Aditya Nugraha.

TIMETODAY.ID – Bogor, yang terkenal sebagai kota hujan dengan keindahan alam dan sejarahnya, terus memperkuat posisinya sebagai tujuan wisata unggulan.

Data terbaru dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (disparbud) Kota Bogor menunjukkan lonjakan signifikan dalam jumlah kunjungan wisatawan, meningkat dari 5,6 juta pada tahun sebelumnya menjadi 6,3 juta tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Iceu Pujiati, mengungkapkan bahwa kenaikan jumlah kunjungan ini tidak terlepas dari berbagai upaya pemerintah dan pelaku industri pariwisata dalam mengembangkan dan mempromosikan berbagai destinasi menarik di Kota Bogor.

Advertisement
Baca Juga :  Nicole's River Park, Wisata Keluarga di Bogor yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Beberapa destinasi wisata favorit mencakup eduwisata, kampung wisata, berbagai kegiatan pelestarian kebudayaan, dan acara yang termasuk dalam Calendar of Events Kota Bogor.

Selain itu, kehadiran kafe-kafe tematik dan kuliner khas Bogor juga memberikan daya tarik tambahan bagi wisatawan.

“Kontribusi dari sektor pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga menunjukkan tren peningkatan yang konsisten. Hingga tahun 2023, sektor pariwisata berkontribusi sekitar Rp 328 miliar terhadap PAD,” ujarnya.

Tidak berhenti di situ, Iceu juga menyatakan akan mengoptimalkan serta mendorong berbagai inovasi, termasuk berkolaborasi dan memanfaatkan anggaran di luar APBD.

Baca Juga :  Daftar 3 Wisata Ekstreem di Bogor, Berani Coba?

Dengan berbagai potensi dan upaya yang telah dilakukan, Kota Bogor diharapkan terus menjadi destinasi wisata yang diminati dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

“Peningkatan jumlah kunjungan ini menjadi bukti bahwa pesona Kota Bogor tidak pernah pudar dan selalu menarik untuk dieksplorasi,” tutup Iceu.  ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================