Museum Nasional Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana di Bogor Resmi Dibuka

Museum Nasional Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Hadi Tjahjanto resmikan Museum Nasional Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana di Kompleks Kantor Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/7/2024). Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Museum Nasional Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana di Kompleks Kantor Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat resmi dibuka pada Selasa (16/7/2024).

Museum ini memiliki konsep kontemporer yang menggabungkan unsur tradisional dan modern untuk memberikan pengalaman edukasi yang efektif. Informasi kompleks disampaikan dengan cara yang mudah dipahami melalui visualisasi dan simulasi.

Museum Nasional Penanggulangan Terorisme Adhi Pradana merupakan warisan dari BNPT untuk masyarakat, terutama generasi muda, dengan nilai edukasi, inspirasi, refleksi, kolaborasi, dan pencegahan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya terorisme dan ekstremisme kekerasan yang mengarah pada terorisme, serta membangun ketahanan terhadap ancaman terorisme di Indonesia dan dunia.

Advertisement
Baca Juga :  17 Pegawai KPK Dilaporkan Terlibat Judi Online

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Hadi Tjahjanto, mengapresiasi pembangunan museum ini. Hadi berharap, museum ini menjadi pusat edukasi tentang bahaya terorisme serta pentingnya persatuan dan perdamaian.

Selain menjadi tempat untuk mengenang dan menghormati para pahlawan yang telah berkorban dalam perang melawan terorisme, museum ini juga berfungsi sebagai pusat edukasi bagi masyarakat tentang bahaya terorisme dan pentingnya menjaga persatuan dan perdamaian.

“Museum ini diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi untuk lebih memahami dan mengapresiasi pentingnya peran kita dalam menjaga keamanan dan kedamaian negara. Mari kita jadikan museum ini sebagai simbol komitmen dalam memerangi terorisme dan membangun Indonesia yang lebih aman, damai, dan sejahtera,” ujar Hadi Tjahjanto.

Baca Juga :  PENINGKATAN KINERJA BAPPENDA KABUPATEN BOGOR TAHUN 2024

Kepala BNPT, Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel, menyatakan bahwa Museum Nasional Penanggulangan Terorisme ini merupakan salah satu strategi optimalisasi penanggulangan terorisme dan sebagai media edukasi bagi masyarakat Indonesia dan dunia tentang upaya Indonesia dalam melawan terorisme demi menjaga keutuhan bangsa.

“Museum ini didedikasikan sebagai sarana wisata edukasi untuk terus meningkatkan rasa cinta tanah air dan kesadaran akan bahaya terorisme. Diharapkan ke depannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan kesiapsiagaan nasional,” tambahnya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================