Bappenda Kabupaten Bogor Luncurkan Aplikasi BTAX 2.0

Bappenda
Bappenda Kabupaten Bogor Luncurkan Aplikasi BTAX 2.0. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor telah meluncurkan inovasi terbaru mereka, yaitu Bappenda Taxpedia (BTAX 2.0).

Aplikasi ini dirancang untuk menangani berbagai tantangan dalam pengelolaan pajak daerah, terutama dalam hal pendataan dan pemutakhiran data potensi pajak.

Merujuk pada Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Nomor 3 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor Tahun 2018-2023, Bupati dan Wakil Bupati Bogor telah menetapkan visi dan misi yang harus dicapai dalam periode lima tahun tersebut.

Advertisement

Untuk mendukung visi dan misi ini, diperlukan kebijakan, program, dan kegiatan strategis yang efektif, salah satunya adalah melalui optimalisasi pendapatan daerah dengan inovasi dalam pengelolaan pajak.

BTAX 2.0 adalah solusi untuk mengatasi masalah dalam pengelolaan pajak daerah, seperti data pajak yang belum lengkap dan kesulitan dalam penetapan target serta penagihan. Aplikasi ini memungkinkan pemutakhiran data potensi pajak secara real-time dan lebih akurat,” kata Kepala Bappenda Kabupaten Bogor, Andri Hadian.

Baca Juga :  Begini Cara Ketua DPRD Rudy Susmanto Ucapkan Tahun Baru Imlek 2024

Kabupaten Bogor, dengan 40 kecamatan, 416 desa, dan 19 kelurahan, membutuhkan strategi yang efektif untuk mengoptimalkan potensi pendapatan daerah.

Data dari RPJMD Kabupaten Bogor Tahun 2018-2023 menunjukkan bahwa proyeksi pendapatan daerah masih belum mampu menutupi kebutuhan belanja daerah.

Oleh karena itu, pengelolaan potensi pajak daerah melalui aplikasi BTAX 2.0 diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah secara signifikan.

Aplikasi BTAX 2.0 tidak hanya mempermudah Bappenda dalam menghimpun dan memperbarui data potensi pajak, tetapi juga mendukung wajib pajak dalam membuat pelaporan yang lebih akurat sesuai dengan kondisi yang ada.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan proyeksi penerimaan pajak yang lebih realistis dan memudahkan penyusunan target tahunan.

BTAX 2.0 akan menjadi dasar dalam penyusunan strategi dan arah kebijakan untuk optimalisasi peningkatan pendapatan daerah, khususnya pajak daerah. Kami yakin aplikasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengelolaan pajak daerah di Kabupaten Bogor,” tambah Andri.

Baca Juga :  PENDIDIKAN YANG BISA KITA AMBIL DARI KETAATAN NABI IBRAHIM

Dengan adanya BTAX 2.0, diharapkan penerimaan pajak pada tahun-tahun berikutnya dapat terus meningkat, mendukung pembangunan daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor.

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, terutama partisipasi aktif dari desa dan kelurahan, Bappenda Kabupaten Bogor optimis bahwa inovasi BTAX 2.0 akan membawa perubahan positif dalam pengelolaan pajak daerah.

“Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan penerimaan pendapatan daerah melalui pajak daerah dengan tata kelola yang lebih baik, efektif, adaptif, dan kolaboratif,” tutup Andri. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================