Mengerikan, Detik-detik Mobil Damkar Ditabrak Kereta di Indramayu

Damkar
Satu unit mobil milik Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Indramayu, ringsek setelah tertabrak kereta api barang relasi Kampung Bandan-Kalimas di perlintasan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa 2 Juli 2024 dini hari. (Beritasatu.com/Candra Kurnia)

TIMETODAY.ID – Satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Indramayu mengalami kerusakan parah setelah ditabrak oleh kereta barang dengan rute Kampung Bandan-Kalimas di perlintasan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Selasa (2/7/2024) dini hari,

Rekaman video amatir menunjukkan bahwa mobil Damkar tersebut menerobos palang pintu perlintasan kereta api yang sudah tertutup. Saat berada di tengah perlintasan, mobil tersebut tiba-tiba mogok.

Nahasnya, pada saat yang bersamaan, kereta barang dari arah Jakarta menuju Jawa melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak mobil Damkar tersebut, menyeretnya sejauh 30 meter.

Advertisement

Beruntung, lima anggota Damkar Indramayu yang berada di dalam mobil berhasil keluar dan menyelamatkan diri sebelum tabrakan terjadi.

Melansir beritasatu.com, Rabu (3/7/2024) Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, insiden ini terjadi sekitar pukul 01.55 WIB.

“Jadi, sekitar pukul 01.55 WIB kami menerima laporan dari masinis kereta api 2526, kereta barang dengan rute Kampung Bandan menuju Kalimas, di Stasiun Haurgeulis, keretanya menabrak kendaraan pemadam kebakaran,” katanya.

Zainul menjelaskan bahwa sebelum kejadian, palang pintu perlintasan kereta api sudah tertutup. Namun, mobil Damkar tersebut menerobos hingga mogok di tengah perlintasan.

“Pintu perlintasan sebenarnya sudah dijaga oleh petugas, tetapi kendaraan tersebut berada di tengah perlintasan,” tambahnya.

Akibatnya, beberapa fasilitas di perlintasan tersebut rusak, dan lokomotif kereta barang harus dievakuasi ke Stasiun Cirebon.

“Ada beberapa kerusakan pada lokomotif dan fasilitas kami, yang kemudian diperbaiki di Stasiun Cirebon,” ujarnya.

Zainul juga menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, baik dari pihak pemadam kebakaran maupun dari masinis kereta api. “Tidak ada korban, baik dari kami (masinis) maupun dari pengendara,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa meskipun kendaraan darurat melintas, prioritas harus tetap diberikan kepada kereta api yang melintas.

“Yang harus diprioritaskan tetap kereta api, saat sirine berbunyi dan palang pintu kereta telah tertutup, kendaraan harus mendahulukan kereta karena kereta tidak bisa berhenti mendadak,” jelasnya.

Selain itu, kecelakaan ini menyebabkan dua jadwal perjalanan kereta api terganggu karena proses evakuasi bangkai kendaraan.

“Akibat kejadian ini, ada dua jadwal perjalanan kereta barang yang terganggu, dan proses evakuasi selesai pada pukul 05.52 WIB,” tutupnya.

Diketahui, sebelum tertabrak kereta, mobil Damkar tersebut sedang menuju lokasi kebakaran di Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

Baca Juga :  Gunung Bromo Mengalami Peningkatan Aktivitas Vulkanik, TNBTS Tutup Sementara Kegiatan Wisata
=========================================================