Deretan 5 Tempat Kuliner Legendaris Era 80-an di Bogor

kuliner legendaris
Martabak Encek.

TIMETODAY.ID –  Bogor, Jawa Barat, dikenal sebagai destinasi kuliner legendaris yang terus digemari hingga kini.

Kuliner era 80-an di Bogor telah berhasil mempertahankan popularitasnya, menunjukkan kualitas rasa yang luar biasa dan konsisten dari waktu ke waktu.

Tak mengherankan jika tempat-tempat ini menjadi favorit banyak orang, dengan pengunjung yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk menikmati kelezatannya.

Advertisement

Berikut adalah beberapa tempat kuliner legendaris dari era 80-an di Bogor yang masih eksis dan wajib Anda coba:

  1. Asinan Sedap Gedung Dalam

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Bogor tanpa mencicipi asinan, salah satu makanan khas kota hujan ini. Berdiri sejak 1978, Asinan Sedap Gedung Dalam telah menjadi ikon bagi pecinta asinan.

Asinan sedap gedung dalam memiliki dua varian, yakni, asinan buah dan asinan sayur, selain rasa, tempat ini juga menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan menggoda.

Anda juga bisa memesan asinan campur, yang menyajikan campuran beragam buah dan sayur dalam kuah pedas dan asam khas.

Satu porsi asinan campur biasanya dibanderol sekitar Rp35.000, dengan rasa yang tetap terjaga kelezatannya selama puluhan tahun.

  1. Soto Kuning Pak Salam
Baca Juga :  5 Kuliner Legendaris Kaki Lima di Bogor yang Bisa Dijadikan Menu Sarapan

Soto kuning adalah salah satu kuliner khas Bogor yang wajib dicoba. Di antara banyak tempat yang menyajikan soto kuning, Soto Kuning Pak Salam di Jalan Siliwangi, Bogor Timur, telah menjadi legenda sejak 1980.

Soto kuning di sini terkenal gurih dengan isiannya yang lengkap, seperti daging ayam, kentang, telur, dan pelengkap lainnya.

Setiap porsi soto kuning dihargai sekitar Rp15.000, dengan tambahan biaya Rp10.000 per potong daging. Dengan cita rasa yang khas dengan harga terjangkau, tempat ini selalu ramai dikunjungi.

  1. Mie Ayam Apollo

Mie Ayam Apollo, berdiri sejak 1968, adalah bagian dari warisan kuliner legendaris Bogor.

Populer dengan mie ayamnya yang disajikan dengan daging ayam berbumbu kecap yang lezat, konsistensi rasa dan cita rasa otentik menjadikan lokasi mie ayam Apolii menjadi favorit di kalangan pencinta mie ayam.

Tak hanya terkenal dengan mie ayamnya, Mie Ayam Apollo pun menawarkan menu bakso dengan kuah gurih yang tak kalah menggoda. Mie Ayam Apollo tetap menjadi buruan para pecinta kuliner di Bogor.

  1. Sate Sumsum Pak O

Sate Sumsum Pak O terletak di kawasan Surya Kencana. Warung sate ini juga masuk sebagai tempat kuliner yang legendaris karena telah menjadi ikon kuliner sejak tahun 1950.

Baca Juga :  Lokasi All You Can Eat di Bogor Murah, Lengkap dengan Alamat dan Jam Operasionalnya

Warung sate sumsum pak O populer dengan sate sumsumnya yang khas serta berbagai macam sate unik lainnya seperti sate ginjal dan sate ati.

Untuk satu porsi sate sumsum, pegunjung cukup membayar kurang lebih 40 ribu rupiah, harga tersebut sebanding dengan cita rasa otentik dan kualitasnya yang terjaga.

Tidak herankan apabila warung sate sumsum pak O ini memiliki banyak konsumen setia dari berbagai daerah.

  1. Martabak Encek

Bagi pecinta makanan manis, Martabak Encek adalah gerai martabak legendaris yang tidak boleh dilewatkan.

Martabak Encek telah ada sejak tahun 1975. Martabak ini laris manis lantaran diminati banyak orang, sehingga pengunjung disarankan datang lebih awal agar tak kehabisan.

Martabak Encek, berlokasi di kawasan Sukasari, Martabak Encek juga menawarkan berbagai varian martabak, mulai dari martabak setengah cokelat dan setengah keju.

Cukup merogoh kocek 60 ribu, pengunjung sudah bisa membawa martabak legendaris ini ke rumah. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================