8 Oleh-oleh Khas Kediri yang Patut Kamu Bawa Pulang, Ada Keripik Bekicot

oleh-oleh khas kediri
Oleh-oleh khas kediri, Keripik Bekicot.

TIMETODAY.ID –  Setelah menjelajahi berbagai destinasi wisata di Kediri, penting untuk membawa pulang oleh-oleh khas kediri sebagai kenang-kenangan.

Beberapa kuliner khas Kediri yang bisa dijadikan oleh-oleh antara lain getuk pisang dan stik tahu yang awet.

Kediri memiliki beragam makanan khas dengan cita rasa unik yang sulit ditemukan di tempat lain.

Advertisement

Jadi, pastikan membeli beberapa oleh-oleh khas Kediri yang istimewa ini sebelum pulang. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Kediri yang bisa dibawa pulang:

  1. Getuk Pisang

Kediri memiliki getuk pisang khas yang terbuat dari pisang raja nangka. Getuk ini memiliki rasa khas dan tekstur yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Tahu Pong

Tahu pong adalah varian tahu tipis yang digoreng hingga renyah dengan bagian dalam yang kosong. Tahu pong ini sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh liburan.

  1. Keripik Bekicot
Baca Juga :  Harga, Lokasi serta Fasilitas 4 Penginapan di Bogor dengan Suguhan Pemandangan Alam Terbaik

Kota Kediri mengolah daging bekicot menjadi sate atau keripik. Bekicot, yang merupakan jenis siput yang dapat dimakan, kaya akan vitamin, zat besi, dan protein.

  1. Sambal Tumpang

Kediri terkenal dengan nasi pecel sambal tumpang yang memiliki sambal khas. Sambal ini terbuat dari tempe busuk atau tempe bosok sebagai bahan utama, serta bawang putih, cabai, bawang merah, dan berbagai bumbu lainnya.

  1. Sate Emprit

Sate emprit adalah makanan khas Kediri yang terbuat dari burung pipit. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan sate ayam, dagingnya empuk dan tidak berbau amis. Sate emprit biasanya disajikan dengan nasi putih, bumbu kacang, dan lalapan tomat atau mentimun.

  1. Tahu Takwa

Saat berkunjung ke Kediri, jangan lupa membeli tahu takwa. Tahu ini berbentuk persegi dengan warna kuning alami dari kunyit, serta tekstur yang lembut dan kenyal saat digoreng.

  1. Stik Tahu
Baca Juga :  Edensor Hills, Surga Tersembunyi di Pinggiran Sentul Bogor

Kediri dikenal sebagai Kota Tahu, dan banyak pedagang menjual tahu berkualitas. Salah satu produk olahan tahu adalah stik tahu, yang dibuat dari tahu berkualitas dengan proses tradisional, dicampur dengan tepung maizena dan terigu untuk tekstur yang padat.

  1. Cokelat Tempe

Seperti namanya, cokelat ini terbuat dari tempe yang diiris tipis dan dilapisi cokelat, memberikan rasa manis dan gurih. Selain itu, harganya terjangkau, cocok sebagai oleh-oleh khas Kediri.

Jadi, sebelum kembali ke kota asal, jangan lupa singgah dan membeli oleh-oleh dari daftar ini untuk orang-orang tersayang! ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================