17 Fitur Google Assistant Hilang, Pasca Karyawan di PHK

fitur Google Assistant
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Setelah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan, Google juga menghapus sejumlah fitur Google Assistant.

Melansir The Verge, Senin (15/1/2024), beberapa fitur yang memanfaatkan suara untuk mengirim email, video, dan pesan audio ikut dihapus.

Efektif mulai tanggal 26 Januari 2024, fitur-fitur tersebut akan secara bertahap dihapus. Pengguna yang sudah menggunakan 17 fitur tersebut akan menerima pemberitahuan bahwa fitur-fitur tersebut akan dihapus.

Advertisement

Penghapusan permanen terhadap ke-17 fitur tersebut dijadwalkan pada 27 Januari 2024.

Keputusan ini datang setelah Google mengumumkan pengurangan ribuan karyawan, termasuk di unit Google Assistant.

Penghapusan fitur ini diperkirakan akan berdampak pada perangkat seluler, jam tangan pintar, dan perangkat speaker/layanan pintar.

Namun, untuk beberapa fitur yang dihilangkan, Google menyediakan opsi penggantian. Meskipun demikian, ada beberapa fitur yang hilang sepenuhnya.

Google juga melakukan perubahan pada fungsi mikrofon di aplikasi Google dan bilah pencarian. Saat ini, pengguna yang mengetuk ikon tersebut hanya akan menerima respons berupa hasil pencarian di Search.

Berikut adalah 17 fitur Google Assistant yang telah dihapus:

    1. Kontrol buku audio di Google Play Book menggunakan suara tidak lagi tersedia. Meskipun demikian, masih mungkin mentransmisikan buku audio dari perangkat seluler.
    2. Menyetel atau menggunakan alarm media, alarm musik, atau alarm radio di perangkat yang mendukung Google Assistant tidak dapat dilakukan lagi. Namun, masih mungkin membuat rutinitas kustom dengan perilaku serupa atau menggunakan alarm standar.
    3. Mengakses atau mengelola buku masak, mentransfer resep dari perangkat ke perangkat, memutar video instruksi resep, atau menampilkan resep langkah demi langkah juga tidak lagi mungkin. Alternatifnya, bisa menggunakan Google Assistant untuk mencari resep di web dan YouTube.
    4. Mengelola stopwatch di smart display dan speaker juga dihentikan. Meskipun begitu, masih bisa mengatur timer dan alarm.
    5. Menggunakan suara untuk memanggil perangkat atau menyiar pesan ke grup keluarga tidak lagi dapat dilakukan. Namun, masih memungkinkan melakukan siaran ke perangkat di rumah.
    6. Mengirim email, pesan video, atau audio menggunakan suara tidak lagi dapat dilakukan. Namun, panggilan dan pengiriman pesan teks masih tetap berlaku.
    1. Menjadwalkan ulang acara di Google Kalender dengan suara juga dihentikan. Namun, masih dapat menjadwalkan acara baru.
    2. Menggunakan Peluncur Aplikasi dalam mode mengemudi Google Assistant di Google Maps untuk membaca dan mengirim pesan, melakukan panggilan, dan mengontrol media juga tidak dapat lagi dilakukan. Kontrol suara di Google Maps masih dapat digunakan dengan cara yang sama.
    3. Meminta untuk menjadwalkan atau mendengarkan pengumuman family bell yang dijadwalkan sebelumnya dapat digantikan dengan membuat rutinitas khusus yang memiliki perilaku serupa.
    4. Meminta untuk bermeditasi dengan tenang tidak lagi dapat dilakukan, tetapi masih mungkin menanyakan pilihan meditasi pada penyedia media seperti YouTube.
    5. Kontrol suara untuk aktivitas tidak lagi tersedia di perangkat Fitbit Sense dan Versa 3. Pengguna harus menggunakan tombol di perangkat untuk memulai, menghentikan, menjeda, dan melanjutkan aktivitas. Kontrol aktivitas dengan suara masih dapat dilakukan di Pixel Watches.
    6. Melihat ringkasan tidur hanya akan tersedia di Google Smart Display. Meskipun demikian, masih bisa menanyakan detail tidur melalui suara di smartwatch pihak ketiga.
    7. Panggilan yang dilakukan dari speaker dan layar pintar tidak akan menampilkan ID penelepon kecuali menggunakan Duo.
    8. Melihat perkiraan waktu perjalanan ke kantor di layar pintar tidak lagi mungkin. Tetapi, masih bisa menanyakan waktu perjalanan dan mendapatkan petunjuk arah melalui suara.
    9. Verifikasi rincian perjalanan pribadi menggunakan perintah suara. Tetapi, tetaplah dapat menanyakan perkembangan status penerbangan.
    10. Mintalah detil kontak Anda melalui suara. Tetapi, masih memungkinkan untuk menghubungi kontak dengan melakukan panggilan.
    11. Ajukan permintaan untuk melakukan tindakan khusus melalui instruksi suara, seperti mengirim pembayaran, membuat reservasi, atau membagikan konten di platform media sosial. Tetapi, masih bisa meminta Google Assistant untuk membuka aplikasi yang telah Anda pasang. ***
Baca Juga :  Cara Menukar Kode Redeem Free Fire Terbaru 25 Januari 2024

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================