Menteri Basuki  Tinjau Lokasi Longsor Akibat Gempa Cianjur

GEMPABUMI
Menteri Basuki saat mengunjungi salah satu lokasi yang terkena gempa bumi Cianjur dengan kekuatan 5,6 magnitudo.

TIMETODAY.ID, CIANJURGempa bumi yang mengguncang Cianjur, jawa Barat dengan sekala 5,6 maagnitudo telaah menghancurkan ratusan rumah dan korban meninggalpun lebih dari 160 jiwa.

Kejadian luarbiasa itupun menggugah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mendatangi Cianjur untuk melihat langsung kondisi warga Cianjur yang menjadi korban gempa bumi dan seberapa parah kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut.

“Pak Menteri Basuki datang ke Cianjur ini tepatnya di Kecamatan Cugenang diperintah langsung presiden Jokowi. Tepat jam 21 WIB lebih, gempa susulan pun masih dirasakan,” ujar Jubir kementrian PUPR Endra S Atmawidjaja dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Advertisement
Baca Juga :  10 Polisi Myanmar Tewas Dibrondong Aliansi Tentara Etnis

Saat ini, PUPR tengah fokus menangani tanah longsor di Jalan Nasional Cianjur-Puncak akibat gempa yang terjadi pada Senin siang. PUPR mengerahkan tujuh ekskavator dan 10 truk besar yang sedang dalam perjalanan dari arah Bandung dan Bogor ke Cianjur.

“Fokus penanganan dengan dua ekskavator yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup akses jalan Cipanas-Cianjur,” ujarnya.

Baca Juga :  222 Dilaporkan Hilang, 94 Tewas dalam Tragedi Gempa Jepang

Sebelumnya, wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6, pada Senin pukul 13.21 WIB.

BMKG mencatat gempa bumi itu terjadi pada koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer. (net)

=========================================================