Ketua Dewan Hadiri The Atlantic Council Global Food Security Forum

KETUA
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto sat menghadiri acara The Atlantic Council Global Food Security Forum.

TIMETODAY.ID, BALI – Atlantic Council bekerja sama dengan Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation menyelenggarakan the Atlantic Council Global Food Security Forum di Bali.

Acara ini dimeriahkan oleh sambutan dari Presiden Indonesia Joko Widodo dan Menhan Prabowo Soebianto, serta penampilan beberapa musisi ternama internasional, yaitu John Legend, the US Air Force Band Pacific, dan Sandhy Sondoro.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto yang hadir dalam acara pembukan G20 di bali merespon positif pidato Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Soebianto di acara the Atlantic Council Global Food Security Forum, di Bali.

Advertisement

Menurut Rudy, pemimpin dunia memang harus membangun hubungan kerjasama yang saling menguntungkan di tengah ancaman krisis global, terutama yang menyangkut soal ketersediaan pangan.

“Selaku Presidensi Indonesia di G20 dan keketuaan Indonesia di ASEAN, Presiden Jokowi menegaskan Dunia tidak bisa dibangun dengan rivalitas dan keserakahan, tapi harus dibangun dengan toleransi dan kerja sama yang saling menghormati dan saling menguntungkan,” ujar Rudy Susmanto, di sela acara the Atlantic Council Global Food Security Forum, Senin (14/11/2022).

Baca Juga :  Ketua Dewan Doakan Ade Yasin Jelang Sidang Vonis

Rudy menghadiri acara yang digelar sejak 11 sampai 14 November  tersebut bersama ketua dan pimpinan DPRD se-Jawa Barat. Politisi Partai Gerindra ini berharap forum internasional tersebut bisa menghasilkan rumusan-rumusan strategis terkait sistem ketahanan pangan global yang dapat diaplikasikan di tingkat nasional hingga ke seluruh daerah yang ada di Indonesia.

“Sebagai bagian dari masyarakat dunia, kita memang tidak bisa abai terhadap krisis pangan global.  Menteri Pertahanan Indonesia Bapak Prabowo Subianto mengatakan, saat ini jutaan orang di dunia tengah menghadapi kelaparan akut sebagai akibat dari tingginya harga energi yang mendisrupsi sistem pangan,” kata Rudy.

Kita juga diingatkan, lanjut Rudy, bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang beruntung, namun kita tidak bisa mengacuhkan ancaman krisis pangan global.

“Karena itu, kita memang harus melakukan aksi nyata untuk memastikan keamanan dan ketahanan pangan kita hari ini dan masa yang akan datang, agar kita bisa berperan dalam meminimalisir ancaman krisis pangan global,” cetusnya.

Baca Juga :  Perjalanan Terbentuknya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Saat ini Indonesia tengah menjadi tuan rumah forum G20, pertemuan tingkat tinggi dan presentasi dari para pemimpin mengenai kegentingan isu dunia, salah satunya keamanan pangan.

CEO dari Atlantic Council Frederick Kempe memaparkan, penghambatan pasokan gandum oleh Vladimir Putin memberikan tekanan yang lebih besar pada masalah sistem pangan global yang selama ini terjadi di masa pandemi, dan mempercepat perubahan iklim.

Frederick juga menyampaikan rasa bangga sebab Atlantic Council dapat berkumpul di KTT G20 bersama dengan Presiden dari negara tuan rumah, pembuat kebijakan dan para pakar, serta pemain musik dunia dalam menggaungkan pembicaraan masalah keamanan pangan di G20.

“Saya berterima kasih kepada mitra kami yang telah membuat acara ini sukses,” ucap Frederick. (*)

=========================================================