Inilah Manfaat Bunga Telang Untuk Kaum Hawa

TIMETODAY.ID – Bunga telang yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, tumbuhan yang satu ini juga ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan.

Bunga telang mengandung anthomicin dan antosianin yang kaya akan antioksidan dan polifenol. Sifat-sifat ini membantu menjaga kulit tampak kencang, awet muda, dan cerah.

Manfaat bunga telang untuk kecantikan

Advertisement

Berikut manfaat bunga telang untuk kecantikan, yang dilansir dari berbagai sumber.

  1. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Kandungan antioksidan pada bunga telang yang tinggi memberi kulit lapisan perlindungan ekstra terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan sinar UV. Kandungan antioksidannya antara lain flavonoid, antosianin, flavonol, alkaloid, saponin, dan banyak lagi.

  1. Menenangkan kulit yang iritasi

Sebuah penelitian menunjukkan bunga telang dapat membantu meredakan iritasi dan gatal pada kulit.

Bunga ini juga membantu dalam mengendalikan kemerahan, jerawat, dan kekeringan. Selain itu, bunga telang juga memiliki efek memutihkan, yang berarti mengurangi bintik hitam pada kulit.

  1. Mencegah penuaan dini
Baca Juga :  Inilah Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bunga telang kaya akan antioksidan seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol. Kulit membutuhkan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan dan elastisitas secara umum.

Antioksidan juga dapat membantu meminimalkan garis-garis halus dan meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

  1. Mengurangi kemerahan kulit

Karena kemampuannya untuk menenangkan kulit yang teriritasi, bunga telang juga dapat meminimalisir kemerahan yang disebabkan oleh jerawat, kekeringan, dan iritasi umum.

Khasiat dalam kandungan bunga tersebut semakin besar ketika dikombinasikan dengan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

  1. Memperkuat skin barrier

Bunga telang yang mengandung antioksidan nabati dan vitamin antioksidan seperti vitamin A, C dan E dapat membantu memperkuat skin barrier. Skin barrier memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari iritasi, termasuk alergen dan bakteri.

  1. Melembapkan kulit
Penelitian yang sama menunjukkan khasiat bunga telang untuk meningkatkan retensi kelembapan pada kulit. Hal ini penting karena kelembapan harian membantu meningkatkan pergantian kulit untuk pulih secara alami.
Retensi kelembapan juga membantu menghentikan kekeringan dan meningkatkan keseimbangan lipid. Kulit yang terhidrasi dan lembap lebih tampak bercahaya dan awet muda.
  1. Memperkuat struktur kolagen
Baca Juga :  Ini Manfaat Kopi Untuk Wajah

Karena sifat anti-glikasinya, bunga telang dapat meningkatkan produksi kolagen yang memberikan elastisitas dan kekencangan kulit.

Glikasi adalah reaksi yang menyebabkan kulit menunjukkan tanda-tanda penuaan dengan memproduksi produk akhir glikasi lanjutan. Ketika produk akhir ini terbentuk, kolagen akan terpecah yang menyebabkan kerutan dan garis-garis halus. (*)

=========================================================