Inilah Manfaat Bunga Kantil untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

BUNGA
Manfaat Bunga Kantil

TIMETODAY.ID – Bunga Kantil yang cantik dikenal sebagai tanaman mistis ini, ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bunga berwarna putih dengan panjang sekitar 2 hingga 4,5 cm ini memiliki aroma yang menyengat dan dipercaya menyimpan banyak khasiat.

Bunga Kantil  ini juga kaya akan kandungan yang baik seperti alkaloid, saponin, asam palmitat, asam oleat, asam karbonil, dan lainnya.

Dengan sejumlah kandungan baik di dalam Bunga Kantil, tak heran jika tanaman ini kerap dijadikan bahan ramuan herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Advertisement

Manfaat bunga kantil

Berikut ini sejumlah manfaat bunga kantil yang perlu disimak.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bunga kantil juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun cara menggunakannya dengan mengeringkan bunga kantil di tempat teduh lalu campurkan dengan madu.

Anda dapat meminum ramuan ini setiap pagi untuk menguatkan tubuh.

  1. Mempertajam penglihatan

Bagi pekerja yang menghabiskan waktunya selama berjam-jam di depan komputer, mata jadi rentan berair dan lelah. Untuk mempertajam penglihatan dan menjaga kesehatan mata, Anda dapat mengonsumsi ramuan bunga kantil.

Baca Juga :  Ini Manfaat Kopi Untuk Wajah

Caranya dengan merebus beberapa kuntum bunga kantil, agar lebih nikmat Anda dapat menambahkan gula aren. Minuman herbal ini dapat Anda konsumsi setiap hari untuk mendapatkan penglihatan yang lebih jelas dan mata yang lebih sehat.

  1. Menyembuhkan flu

Bunga kantil memiliki khasiat untuk menyembuhkan demam atau hidung tersumbat akibat flu. Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengeringkan bunga kantil terlebih dahulu.

Setelah kering, seduh bunga kantil dengan air hangat sebagai minuman herbal.

  1. Menyembuhkan penyakit kulit

Selain untuk kesehatan tubuh, bunga kantil juga memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan kulit. Bunga kantil dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan masalah kulit seperti kusta, bisul, dan gangguan kulit lainnya.

Anda dapat mengoleskan kulit yang bermasalah menggunakan ekstrak bunga atau pohon kantil. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

  1. Mengobati perut yang kembung dan mual

Bunga kantil juga memiliki khasiat yang baik untuk mengobati perut yang terasa kram, kembung, dan mual. Caranya dengan mencuci bersih 5 kuntum bunga kantil putih, 5 gram kulit keruk keprok, 3 butir kapulaga, 15 gram jahe, dan 700 cc air.

Baca Juga :  Penyebab Caudal Regression Syndrome, Simak Penjelasannya

Kemudian, rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisakan air sekitar 300 cc. Anda juga dapat meminum ramuan herbal ini selagi hangat untuk mengobati masalah sakit perut akibat haid atau menopause.

  1. Mengobati masalah lambung

Iritasi pada lapisan lambung atau kerongkongan juga dapat diatasi dengan bunga kantil.

Anda dapat menggunakan ekstrak bunga kantil sebagai minuman herbal untuk menyembuhkan berbagai masalah lambung.

  1. Mengobati masalah kemih

Bunga kantil juga dapat bermanfaat untuk mengobati masalah buang air, seperti iritasi kemih atau penyakit kencing lainnya. Anda dapat merebus bunga kantil dan mengonsumsinya pada pagi dan sore hari.

Mengonsumsi bunga kantil secara rutin dapat membantu menyembuhkan rasa sakit saat buang air kecil dan melancarkan aliran urine. (*)

=========================================================