Benjamin Netanyahu Kembali Menjadi Penguasa Zionis Israel

BENJAMIN
Benjamin Netanyahu kembali berkuasa setelah menang pemilu Israel. Dia pernah mempertimbangkan untuk memasok senjata ke Ukraina yang sedang diinvasi Rusia. Foto : REUTERS

TIMETODAY.ID, KIEV – Benjamin Netanyahu kembali berkuasa setelah partainya memenangkan pemilu kelima Israel hanya dalam empat tahun ini.

Ketika Benjamin Netanyahu kembali berkuasa, satu tantangan kebijakan luar negeri baru bagi pemimpin terlama negara itu adalah bagaimana mendamaikan hubungan strategisnya dengan Rusia , yang dilaporkan menggunakan senjata Iran dalam perangnya di Ukraina.

Posisi resmi Israel di bawah Perdana Menteri Yair Lapid yang akan lengser adalah menolak permintaan senjata yang berulang kali diajukan oleh Ukraina, seperti sistem pertahanan udara canggih Iron Dome.

Advertisement

Ketika laporan yang mengutip pejabat Israel dan Ukraina yang tidak disebutkan namanya menyarankan perubahan potensial meskipun dengan hati-hati dengan pasokan sistem komunikasi dan teknologi anti-drone, Netanyahu telah memperingatkan peralatan apa pun yang dipasok ke Ukraina dapat berakhir di tangan Iran.

Pada saat yang sama, bagaimanapun, Netanyahu juga mengatakan dia akan “memeriksa” masalah ini jika dia memenangkan pemilu Israel.

Sekarang dia telah memenangkannya, dia diharapkan untuk terus memainkan tindakan penyeimbangan yang halus yang memperhitungkan kekhawatiran potensi pembalasan dari Moskow dan Teheran, terutama di Suriah, di mana Rusia tidak menghentikan Israel untuk secara teratur melakukan serangan udara terhadap target yang diduga terkait dengan Iran.

Baca Juga :  Jokowi Ingin Transparansi, Polri Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

Amos Gilad, pensiunan mayor jenderal Pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang sebelumnya menjabat sebagai direktur Biro Urusan Politik-Militer Kementerian Pertahanan Israel, mengatakan kepada Newsweek.

“Kita membutuhkan niat baik Rusia untuk beroperasi secara bebas di Suriah.” “Dan jika Israel diserang, itu bisa terjadi kapan saja, oleh Iran, oleh proksi dari Suriah besok, misalnya,” kata Gilad.

“Kita akan sendirian. Tidak ada yang akan membantu kita,” ujarnya, yang dilansir Jumat (4/11/2022). Saya tidak berbicara tentang hubungan unik kami dengan Amerika Serikat,” jelasnya.”Tetapi tidak seperti Ukraina, tidak ada yang akan mendukung Israel. Kami sendirian,” katanya.

“Kita perlu menjaga kebijakan strategis ini untuk melindungi Israel,” imbuh dia. Namun dia mengakui bahwa Teheran semakin mampu dari hari ke hari sebagai hasil dari pengalaman baru tentang senjatanya yang dikerahkan untuk melawan Ukraina.

“Ukraina menjadi laboratorium kualitas senjata strategis Iran,” kata Gilad. “Saya yakin mereka akan meningkat. Iran sangat baik dalam rekayasa balik dan bidang teknis lainnya.

Semakin banyak mereka dapat menguji senjata pada Ukraina yang malang, semakin mereka akan memiliki senjata yang lebih baik.” “Itu tidak perlu dikatakan lagi,” imbuh dia.

“Seperti yang biasa dikatakan Sherlock Holmes, ‘Ini dasar’,” paparnya. “Karena itu, kita perlu mempelajari subjek ini dengan sangat hati-hati, sangat dalam. Dan saya yakin kita sedang melakukan itu,” ujarnya,

Baca Juga :  Potongan Tubuh Berserakan di Depan Gereja Katedral Makassar

meskipun dia ragu-ragu untuk menjelaskan secara rinci. “Garis merah harus dirahasiakan,” katanya. “Jika Anda mempublikasikannya, mereka kehilangan nilainya.”

Para pejabat Iran secara konsisten membantah memasok drone kamikaze untuk digunakan dalam perang Rusia di Ukraina, di mana Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian mengulangi posisi Teheran ini kepada Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba pekan lalu, bahkan ketika Kiev memberikan bukti penggunaannya.

Sebagai salah satu intelijen sumber terbuka dan ahli senjata Iran yang menggunakan nama “Mehdi” sebelumnya menjelaskan kepada Newsweek, “Saya pikir apa yang dimaksud Iran dengan ‘tidak disediakan untuk Rusia untuk digunakan dalam konflik’.

Adalah bahwa mereka memberitahu Rusia untuk tidak menggunakannya dalam konflik itu atau paling banyak menulis frasa seperti itu dalam kontrak, tetapi orang Rusia tetap menggunakannya, dan mereka benar-benar tidak peduli.”

Di antara sistem yang dia amati aktif di Ukraina adalah amunisi berkeliaran Shahed-136 dan Shahed-131, juga dikenal sebagai drone kamikaze atau drone bunuh diri. (net)

=========================================================