40 Tiang Pancang Sedang Dilakukan Pemasangan

TIMETODAY.ID, BOGOR  Perbaikan Jalan KH, M, TB Falak atau eks Darul Quran, Kecamatan Bogor Barat yang longsor pada beberapa waktu lalu, kini pelaksana proyek sedang melakukan pemasangan terhadap 40 sheet pile (tiang pancang) di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, pemancangan sheet pile sudah mulai dilakukan, setelah hampir sepekan dilaksanakan perapihan jaringan utilitas.

“Pemancangan 40 sheet pile sudah dimulai. Insya Allah selesai pada 27 Desember 2022 untuk tahap pertama. Nanti Januari 2023, akan dimulai kembali pekerjaannya,” ujar Chusnul kepada wartawan, Minggu (20/11/2022).

Advertisement
Baca Juga :  Dapat Pinjaman Lahan Hampir 3000 Meter, Koperasi WKM Akan Buka Parkir Terpadu

Menurut Chusnul, nyaris tidak ada kendala apapun dalam perbaikan Jalan TB Falak, hanya saja agak sedikit terganggu dengan perapihan utilitas saat itu. “Tapi itu sudah selesai semua,” tegasnya.

Sementara itu, Penanggungjawab Proyek, Deni Rachmawan mengatakan, sebanyak 40 sheet pile yang dipancangkan bertujuan untuk menahan konstruksi jalan agar tidak kembali longsor.

“Sheet pile panjangnya 12 meter dengan lebar setengah meter. Ini pengerjaan majore, kalau tak ada hujan Insya Allah sepekan beres,” katanya.

Baca Juga :  Pemberdayaan SDM Diperlukan Agar UMKM Mampu Dorong Ekonomi Daerah

Ia mengatakan, bahwa pemasangan sheet pile baru dilakukan lantaran pihaknya harus menunggu hasil uji laboratorium terhadap kondisi tanah.

Selain itu, untuk menghindari tanah kembali longsor saat pelaksanaan pekerjaan, pihaknya memasang cerucuk bambu di area longsoran dan menutupi tanah dengan terpal untuk menghindari air hujan.

“Jadi 40 sheet pile akan dipasang dalam jarak 20 meter di sekitar area longsoran. Setelah itu selesai baru, kami fokus perapihan pekerjaan bawah,” tutupnya. (Aditya)

=========================================================