Plt. Bupati Bogor Ajak Mahasiswa Investasi Masa Depan

PLT. BUPATI BOGOR

TIMETODAY.ID, BOGOR – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan ajak mahasiswa Universitas Pakuan (Unpak) Bogor perluas jejaring pertemanan sebagai investasi masa depan. Hal ini diutarakannya pada kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor Tahun 2022, di Lawang Gintung, Kota Bogor, Rabu (14/9/2022).

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, membentuk karakter itu penting, mungkin sebagian bisa dipelajari di universitas, karena kita tidak hanya belajar teori, tapi ada pengalaman berteman dengan rektor, dekan, dosen, dengan kawan satu fakultas, beda fakultas, dan beda jurusan, dengan demikian kedepannya jiwa kebersamaan kita akan terbentuk.

“Maka kegiatan ini membentuk karakter kita menjadi lebih baik, dan menjadi media saling mengenal antar teman satu fakultas ataupun beda fakultas. Semoga setelah dari kegiatan ini, akan terbentuk jiwa bela negara, jiwa persatuan, jiwa korsa, jiwa kebersamaan kita,” ungkap Iwan.

Advertisement
Baca Juga :  Dihempas Angin Kencang, Pohon Durian di Bogor Tumbang Timpa Ambulans

 

PLT. BUPATI BOGOR

Iwan menambahkan, jadi mahasiswa itu jangan hanya terfokus pada pelajaran saja, setiap hari hanya belajar teori-teori. Selain teori, penting membuka jejaring pertemanan lebih luas, yang bisa membuka jendela dunia ini lebih luas.

“Mahasiswa harus berani mencoba, dan jadikan pertemanan sebagai investasi di masa depan. Mudah-mudahan kegiatan ini dijadikan awal bagaimana kita membuka jejaring pertemanan lebih luas lagi,” kata Iwan.

Kemudian Iwan juga berpesan bahwa tujuan kuliah bukan hanya untuk cari kerja, kalau fokus cari kerja, selamanya akan jadi pekerja atau pegawai. Dimulai kita masuk dunia perkuliahan, beranikan mengambil langkah-langkah strategis, keberanian untuk mengambil momentum untuk menentukan masa depan kita.

Baca Juga :  Pemkab Bogor Janji Bangun Kolam Retensi untuk Cegah Banjir

“Momentum itu tidak datang dua kali, jangan hanya fokus lulus, harus cari kerja, yang benar itu bagaimana lulus membuat lapangan kerja,” tandas Iwan.

Untuk diketahui, kegiatan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Mahasiswa mengusung tema pembentukan karakter mahasiswa di era 4.0. Dalam konteks bela negara dimasa kini, musuh kita kebanyakan tidak terlihat, seperti kemiskinan dan kesenjangan, wabah penyakit, kejahatan siber, peredaran gelap narkoba, potensi perpecahan atau konflik sosial.

Untuk itu pendidikan bela negara menjadi sangat penting, terlebih bagi para mahasiswa agar merasa terpanggil untuk berperan aktif dan berkontribusi dalam menciptakan kondusivitas kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. (*)

 

=========================================================