Jihandak
Penjinak bahan peledak atau Jihandak Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) mensterilkan gedung DPRD Kota Bogor, Senin (5/6/2022). Foto : B. Supriyadi/bogor-today.com

TIMETODAY.ID, BOGOR – Penjinak bahan peledak atau Jihandak Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) mensterilkan gedung DPRD Kota Bogor. Penseterilan itu merupakan simulasi teknik menjinakan bahan peledak oleh 20 siswa Pusdikzi.

Dengan mengenakan baju pelindung ledakan bahan peledak (Boddy Armoure) lengkap, anggota Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) menyisir dari area parkir hingga lantai dua gedung DPRD Kota Bogor.

Di area parkir, ditemukan dua Unexplodeed Ordnance (UXO) yang ditempatkan disaluran air tepat di depan dan dibelakang gedung DPRD Kota Bogor.

Advertisement
Baca Juga :  Jalur Puncak Bogor Batal Ditutup Saat Libur Nataru
Jihandak
Penjinak bahan peledak atau Jihandak Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) mensterilkan gedung DPRD Kota Bogor, Senin (5/6/2022). Foto : B. Supriyadi/bogor-today.com

Ditemui di sela – sela simulasi, Kepala Tim Pelatih Jihandak, Mayor Czi Benny Faizal menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan latihan aplikasi pendidikan siswa Tamtama Jihandak

“Sebanyak 20 siswa ini merupakan siswa dari satuan Zeni seluruh Indonesia yang mengikuti pendidikan kursus Jihandak yang berada di Jalan Sudirman Bogor no 35 Mereka di didik selama dua bulan di Pusdikzi bagaimana teknik-teknik apabila melaksanakan pengamanan preventif maupun represif,” jelasnya kepada wartawan, Senin (05/09/2022).

Baca Juga :  Polresta Bogor Kota Imbau Warga Tak Menyalakan Petasan pada Malam Tahun Baru

Preventif itu, sambung Mayor Benny  adalah pencegahan sebelum terjadi ancaman dan represif itu pengamanan yang setelah terjadi ancaman.

“Nah, sesuai skenario yang dibuat bahwa gedung DPRD ini sudah diancam bom. Maka siswa dikta jihandak ini di bagi menjadi dua regu dan kedua regu tersebut melaksanakan hal yang sama yaitu melaksanakan evakuasi bom yang ditemukan, materi ini merupakan materi terakhir siswa Dikta Jihandak dalam melaksanakan pendidikan tersebut,” tandasnya. (B. Supriyadi)

=========================================================