Gundukan Sampah Bikin Sungai Cipakancilan Meluap

TIMETODAY.ID, BOGOR – Akibat gundukan sampah, aliran Sungai Cipakancilan Cilebut, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor kerap meluap jika diguyur hujan deras.

Meski sampah yang didominasi plastik, kayu hingga perabotan rumah tangga itu telah dilakukan pengangkutan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DlH) Kabupaten Bogor, namun volume sampah terus menggunung dan mengakibatkan banjir.

Warga setempat, Budi menjelaskan bahwa sampah itu berasal dari hulu sungai yang terbawa arus ketika debit air tinggi, terlebih disaat hujan.

Advertisement
Baca Juga :  Percasi Kabupaten Bogor Ikuti TO dengan Atlet Catur Priangan Timur

“Sampah numpuk terbawa aliran dari arah Kota Bogor numpuk, jadi salurannya tertutup, kemarin banjir sampai atas,” jelas Budi.

Selain itu, banjir juga disebabkan ukuran jembatan yang terlalu kecil sehingga air dengan mudah naik kepermukaan.

“Karena jembatannya pendek jadi air gampang naik, kalau tinggi mah eenggak, mudah-mudahan sih ditinggikan sama pemerintah,” katanya.

Baca Juga :  Aklamasi, Wahyudi Chaniago Gantikan Fuad Kasyfurrahman Pimpin DPD KNPI Kabupaten Bogor

Budi berharap masyarakat yang lain tidak membuang sampah di bantaran sungai, agar tidak banyak sampah yang menumpuk dan menjadikan sungai Cipakancilan bersih.

“Sama sama saling jaga saja, kalau enggak mau banjir saling mengingatkan jangan buat sampah di sungai,” pungkasnya. (fdl)

=========================================================