Dana Samisade Akan Segera Cair Dalam Waktu Dekat

dana samisade

TIMETODAY.ID, BOGOR – Untuk meninjau langsung program pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan program lainnya, di wilayah Kecamatan Tamansari, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan didampingi Ketua PKK Kabupaten Bogor Halimatusadiyah Iwan turun langsung melakukan kegiatan Bogor Keliling (Boling) atau Saba Desa ke wilayah Kecamatan Tamansari, Selasa (13/9/22).

Dalam kesempatan ini Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan segera mencairkan bantuan keuangan Satu Milyar Satu Desa (SAMISADE) dalam waktu dekat ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Bogor.

“Alhamdulilah revisi Peraturan Bupati tentang Samisade sudah keluar, dan sudah saya tandatangani dan sebelumnya telah melalui tahap paraf dari dinas, Asisten dan Sekda Kabupaten Bogor. Surat penetapan lokus dan anggaran dan lainnya sudah saya tandatangani,” ungkap Plt. Bupati Bogor.

Advertisement

Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh kepala desa untuk mengoptimalkan dana Samisade jika sudah dicairkan dan diterima, pelaksanaannya harus sesuai serta mematuhi dan mentaati aturan-aturan yang ada.

“Direvisi Perbup terkait aturan sudah ada didalamnya, saya ingatkan kepada seluruh Camat, Kades laksanakan program Samisade dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan mengutamakan musyawarah, karena Samisade kami berikan untuk kepentingan dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor,” tegas Iwan Setiawan saat menghadiri Boling atau Saba Desa di Wilayah Kecamatan Tamansari.

Baca Juga :  Ada Dugaan Kades Neneng "Tilep" Uang Proyek

Lanjut Iwan Setiawan juga menghimbau kepada seluruh Kades untuk melaksanakan program Samisade dengan benar, dan mengajak masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan program Samisade dengan cermat.

“Supaya Program Samisade yang baik ini tidak ada kesalahan, sukses tanpa ekses, dan tentunya masyarakat puas,” terangnya.

dana samisade

Untuk diketahui, terkait Kegiatan Boling dilakukan untuk melihat langsung implementasi berbagai program pembangunan di setiap wilayah kecamatan se-Kabupaten Bogor. Mulai dari program dinas, program bantuan keuangan Samisade yang diturunkan ke desa. Apakah pelaksanaannya benar, bagus atau terdapat kendala dan kekurangan.

“Tadi kami sudah keliling wilayah Kecamatan Tamansari, melihat langsung pelaksanaan program kegiatannya. Keberhasilan pembangunan di wilayah ini perlu sinergi yang kuat antara Kades dan Camat agar program pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya bisa terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Selanjutnya, Kepala Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Reynaldi menambahkan, berkaitan dengan pencairan dana Samisade pihaknya meminta agar para Kepala Desa untuk melakukan persiapan dan permohonan pencairan.

“InsyaAllah, jika persiapan sudah matang dalam waktu yang tidak lama bisa kita cairkan. Untuk itu kami minta kepada para Kades secara administrasi permohonannya segera sampaikan ke kami,” terang Reynaldi.

Baca Juga :  Para Peserta MTQ Berprestasi Diharapkan Mampu Menggemakan Al-Qur'an dan Syiar Islam 

Kades Sinargalih Kecamatan Tamansari, A. Suparta menyatakan, terima kasih kepada Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan yang telah berkenan melakukan Boling meninjau langsung program pembangunan di wilayah Kecamatan Tamansari. Dirinya juga sangat bergembira berkaitan dengan informasi Samisade yang sudah di tandatangani oleh Plt. Bupati Bogor.

“Ini salah satu kabar gembira untuk kami, sehingga kami bisa segera melaksanakan kembali Program Samisade,” tukasnya.

Sebagai informasi, beberapa rangkaian kegiatan Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam kegiatan Boling atau Saba Desa ke Wilayah Kecamatan Tamansari yakni, dialog bersama para Kades , meninjau langsung Jimmy Hantu Foundation. Dalam kesempatan yang sama, Plt. Bupati Bogor juga meresmikan Gedung Laboratorium, Gedung Sekolah Dasar dan Kantor Manajemen Pondok Pesantren Al Minhaj.

Selain itu, Iwan Setiawan juga mengunjungi langsung Kelompok Tani Kiara Indonesia di Desa Sukamantri, dan dilanjutkan dengan meninjau lokasi Pura Prahyangan Agung Jagatkarta di Desa Tamansari. Penebaran benih ikan di Sentra Budidaya Tanaman Bromelia Desa Tamansari, dan meninjau langsung UMKM Sandal di Desa Pasir Eurih, dan diakhiri dengan peninjauan stand UMKM serta launching Samisade. (*)

 

=========================================================