Manfaat Terong Untuk Kesehatan

terong

TIMETODAY.ID – Ternyata terong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena terong memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral di dalamnya.

Asupan terong dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, memperbaiki kondisi diabetes, mengurangi risiko kanker, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Selain itu, terong juga mampu membantu Anda menurunkan berat badan, membantu melindungi anak dari cacat lahir, hingga melawan jenis kanker tertentu.

Advertisement

Berikut beberapa manfaat terong untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Connecticut menemukan bahwa terong mentah dan matang memiliki sifat kardioprotektif. Nasunin yang adalah komponen polifenol dalam terung ternyata bermanfaat untuk jantung.

Studi lain yang dilakukan pada kelinci dengan kolesterol tinggi menemukan bahwa jus terong dapat menurunkan kadar kolesterol. Juga, mengonsumsi terong setiap hari dapat mengontrol tekanan darah tinggi pada individu yang stres.

  1. Mengurangi risiko kanker

Ekstrak yang ditemukan dalam kulit terong kaya akan solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Senyawa ini memiliki sifat melawan kanker dan dapat membantu mengobati kanker kulit.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang
Baca Juga :  Ini Alasan Kenapa Harus Ada Kolam Ikan di Rumah

Terong dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Sayuran ini mengandung nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan potasium yang mampu membantu meningkatkan kekuatan tulang.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Terong merupakan sumber yang kaya serat dan rendah karbohidrat larut. Ini dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Sebuah penelitian menemukan bahwa fenolat dalam terong bertindak sebagai penghambat enzim yang terlibat dengan diabetes tipe 2.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat terong untuk kesehatan lainnya adalah menurunkan berat badan. Manfaat ini didapat dari kandungan air yang tinggi dan rendah kalori pada terong.

  1. Mencegah cacat lahir

Terong mengandung asam folat yang penting untuk ibu hamil. Asupan makanan kaya asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir. Kekurangan folat dapat menyebabkan kelainan pada ibu dan janin.

  1. Meningkatkan kesehatan kulit

Terong kaya akan vitamin, mineral, antosianin (senyawa tumbuhan alami), dan antioksidan. Bukti anekdotal menunjukkan bahwa senyawa-senyawa di atas dapat membantu membuat kulit lebih bercahaya dan memperlambat penuaan. Namun, tidak ada bukti ilmiah untuk memverifikasi klaim ini.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif
Baca Juga :  Ini Penyebab Bibir Terkena Sariawan

Fitonutrien dalam terong dapat melindungi membran sel otak dari kerusakan. Fitonutrien juga dapat memfasilitasi transfer pesan dari satu sel ke sel lain, sehingga menjaga fungsi memori.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Terong kaya akan lutein yang berperan sebagai pigmen warna pada mata manusia (makula dan retina). Antioksidan dapat mencegah degenerasi makula terkait usia, yang merupakan penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan.

  1. Membantu mengobati anemia

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab anemia paling umum. Terong jadi salah satu sayur yang kaya akan zat besi dan tembaga.

Kedua mineral ini bekerja sama secara efektif untuk membantu produksi dan distribusi sel darah merah yang tepat, sehingga meningkatkan energi dan kadar hemoglobin. (net)

 

=========================================================