Manfaat Cicak Kering Sebagai Obat Tradisional

cicak kering

TIMETODAY.ID – Cicak adalah hewan yang memiliki kemampuan memotong ekornya sendiri dan sebagian orang ternyata merasa geli, jijik, atau bahkan takut dengan cicak.

Namun, tak banyak orang tahu, ternyata cicak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama cicak kering.

Cicak kering sudah lama menjadi salah satu obat tradisional di China. Tapi, ternyata bukan cuma China, di Indonesia cicak kering juga telah dibudidayakan dan diperjualbelikan.

Advertisement

Proses pembuatan cicak kering sendiri terbilang mudah. Sebelum siap untuk dikemas dan diekspor, cicak-cicak basah yang didapat produsen pertama-tama dicuci agar tidak ada kotoran yang menempel.

Setelah dicuci cicak-cicak itu akan ditata di sebuah wadah khusus, lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga setengah mengering. Kemudian dimasukkan ke oven, setelah itu baru dikemas.

Baca Juga :  Mengenal Teknik Mewing yang Diklaim Bisa Perbaiki Bentuk Wajah

Berikut manfaat cicak kering yang diyakini sangat ampuh untuk kesehatan manusia.

  1. Mampu mengobati kanker

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa daging cicak putih mampu mengobati kanker. Ini karena daging cicak putih kering banyak mengandung protein.

Protein tinggi dalam daging cicak kering dipercaya mampu meregenerasi atau memulihkan sel-sel yang rusak akibat kanker atau efeknya setelah terapi. Sel-sel yang rusak perlahan akan pulih, sehingga penderita kanker akan sembuh. Karena itulah mengonsumsi suplemen berbahan dasar daging cicak putih kering mampu mengobati dan juga mencegah kanker.

  1. Mengobati asma

Mengobati asma dengan cicak kering sudah dilakukan sejak dulu, sehingga hal ini sudah menjadi tradisi yang diturunkan secara turun temurun.

  1. Perlancar sistem pencernaan
Baca Juga :  Tanda-tanda Awal Diabetes yang Harus Diketahui

Mengobati dan juga melancarkan sistem pencernaan tentunya sudah menjadi tradisi turun temurun masyarakat Tionghoa. Karena sebagian besar obat tradisional yang mampu melancarkan sistem pencernaan terbuat dari daging cicak kering.

  1. Mengatasi wasir

Mengonsumsi daging cicak putih kering dapat mengobati wasir. Banyak negara di China telah menggunakan daging cicak putih kering untuk mengobati penyakit ambeien ini. Sehingga penderita penyakit ini bisa sembuh dengan optimal.

  1. Mengatasi penyakit kulit

Cicak memang dianggap hewan yang menjijikkan, karena memiliki bentuk kulit yang sangat aneh. Namun selain menjijikkan, masyarakat Tionghoa telah memanfaatkan dagingnya sebagai media pengobatan penyakit kulit seperti gatal-gatal akibat alergi. (net)

=========================================================