Jonggol adventure

TIMETODAY.ID, BOGOR – Masih dalam momen Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-77 Koperasi Abdi Negara bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Perhutani, unsur TNI dan Polri serta komunitas motor menggelar even Jonggol adventure yang dilaksanakan di Kecamatan Jonggol, Minggu (28/8/2022). Kegiatan itu juga sekaligus Bogor Sport and Tourism.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan bahwa antusias para pecinta adventure yang ada di Kabupaten Bogor dan sekitarnya sangat luar biasa, karena ada kerinduna masyarakat setelah terpendam selama kurang lebih dua tahun karena pandemi.

“Jonggol adalah salah satu destinasi wisata, yakni wisata adventure. Mudah-mudahan ini bisa menjadi daya ungkit perekonomian khususnya di wilayah Jonggol dan sekitarnya,” kata Iwan.

Advertisement

Iwan menerangkan, ada kurang lebih 1.000 peserta yang mengikuti kegiatan itu. Peserta yang hadir dari luar kota pasti menginap dan makan di wilayah Jonggol dan sekitarnya. Tentunya, kata Iwan hal ini bisa menggairahkan ekonomi masyarakat Jonggol dan sekitarnya. Jadi kalau di Jonggol itu wisata adventurenya, di sebelahnya yakni di Sukamakmur ada wisata alamnya.

Baca Juga :  HMI Cabang Kota Bogor Gandeng Dishub Terangi Jalan Mulyaharja
Jonggol adventure
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan melepaskan ribuan peserta Jonggol adventure yang diselenggarakan Koperasi Abdi Negara bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Perhutani, unsur TNI dan Polri serta komunitas motor di Kecamatan Jonggol, Minggu (28/8/2022). Foto : Istimewa.

“Pada intinya, meski Jonggol Adventure ini dilakukan di alam yang dikelola oleh Perhutani, kita tetap menjaga dan memelihara konservasi alam dengan baik, dengan tidak merusaknya sedikitpun,” terang Iwan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, atas nama Pemkab Bogor pihaknya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Koperasi Abdi Negara atau Jonggol Adventure Community. Ini adalah event yang dikaitkan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan yang ke -77 tingkat Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  MUI se-Kabupaten Bogor Istigasah Serentak Jelang Sidang Pembelaan Ade Yadin

“Kegiatan ini sudah masuk kalender even Kabupaten Bogor, Insha Allah akan terus berlanjut dan menjadi ikon kegiatan olahraga dan pariwisata. Sesuai jargon, Kabupaten Bogor Sport and Tourism,” ungkap Burhanudin.

Burhanudin menjelaskan bahwa kegiatan Jonggol Adventure ini adalah salah satu olahraga yang digemari masyarakat khususnya kawula muda. Oleh karena itu, ia memberi wadah bagi mereka untuk menyalurkan hobi dan bakat, dibanding kebut-kebutan di jalan raya yang mengganggu ketertiban.

“Pada dasarnya tugas pemerintah itu melayani masyarakat. Ketika masyarakat itu punya hobi, pemerintah harus mewadahi, sehingga ada ruang bagi mereka untuk berkarya berpartisipasi dalam pembangunan melalui prestasinya masing-masing,” jelas Burhanudin. (*)

=========================================================