Kebiasaan yang Merusak Ginjal

ginjal

TIMETODAY.ID Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Organ satu ini berfungsi dalam menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh.

Ginjal yang rusak akan berdampak pada seluruh organ tubuh hingga memicu berbagai masalah kesehatan.

Berikut kebiasaan yang perlu anda ketahui yang bisa merusak ginjal.

Advertisement

Kebiasaan yang merusak ginjal

  1. Kurang tidur

Mendapatkan istirahat malam yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama pada ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

  1. Kurang asupan air

Tetap terhidrasi dengan baik membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Minum banyak air juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal yang menyakitkan.

Orang yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairan mereka. Namun, bagi kebanyakan orang, minum 1,5 hingga 2 liter air per hari adalah target yang sehat.

  1. Merokok

Faktanya, merokok memang tidak baik untuk paru-paru atau jantung. Tapi, tahukah Anda bahwa merokok juga tidak baik untuk ginjal?

Baca Juga :  Sering Sakit Pinggang? Atasi Dengan Gerakan Yoga Berikut Ini

Orang yang merokok lebih mungkin memiliki protein dalam urine yang merupakan sebuah tanda pada kerusakan ginjal.

  1. Terlalu lama duduk

Duduk dalam waktu yang lama kini telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit ginjal.

Diketahui, aktivitas fisik yang lebih sering berhubungan dengan peningkatan metabolisme glukosa, yang merupakan salah satu faktor penting dalam kesehatan ginjal.

  1. Terlalu banyak makanan manis

Terlalu banyak konsumsi gula dapat menyebabkan obesitas, yang meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes. Keduanya dapat menyebabkan penyakit ginjal.

  1. Terlalu banyak konsumsi daging

Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi dalam darah yang dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis.

Asidosis merupakan suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat.

  1. Konsumsi terlalu banyak garam

Pola makan yang tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah dan membahayakan ginjal. Sebagai gantinya, bumbui makanan dengan rempah-rempah, alih-alih garam.

  1. Konsumsi makanan olahan
Baca Juga :  Fakta Ikan Buntal yang Perlu Diketahui, Tak Hanya Beracun

Makanan olahan adalah sumber natrium dan fosfor yang signifikan. Banyak orang yang memiliki penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanan mereka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan pada orang tanpa penyakit ginjal mungkin berbahaya bagi ginjal dan tulang.

  1. Minum alkohol secara berlebihan

Terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol telah ditemukan menggandakan risiko penyakit ginjal kronis. Peminum berat yang juga merokok memiliki risiko masalah ginjal yang lebih tinggi.

Perokok yang merupakan peminum berat memiliki kemungkinan terkena penyakit ginjal kronis dibandingkan orang yang tidak merokok atau minum alkohol secara berlebihan.

  1. Sering konsumsi obat pain killer

Obat pereda sakit yang dijual bebas dapat meringankan rasa sakit dan nyeri. Sayangnya, obat ini dapat membahayakan ginjal, terutama jika Anda sudah memiliki penyakit ginjal. Kurangi penggunaan obat pain killer secara teratur dan jangan pernah melebihi dosis yang disarankan.

=========================================================