Cara Ampuh Cegah Ngantuk Usai Makan Siang

ngantuk

TIMETODAY.ID –  Rasa kenyang disusul kantuk memang biasa terjadi setelah makan siang. Sebenarnya ini bisa dicegah agar tidak mengganggu produktivitas.

Rasa mengantuk usai makan bisa disebabkan porsi protein dan karbohidrat yang besar. Pun di luar dua nutrisi ini, porsi makan yang besar memang bikin kantuk.

Tidak perlu khawatir lagi tentang hal itu, karena kami memiliki solusi untuk mencegah rasa ngantuk setelah makan siang.

Advertisement
  1. Cukup tidur

Saat Anda kurang tidur di malam hari, otomatis Anda akan mengantuk setelah makan siang. Sebaiknya pastikan porsi tidur di malam hari cukup setidaknya selama tujuh jam.

Jika memungkinkan, himpun energi di pertengahan hari dengan tidur siang (napping) selama 15-30 menit.

  1. Kunyah permen karet

Tak ada makanan penutup? Anda cukup kunyah permen karet. Berdasar studi yang diterbitkan di jurnal Physiology and Behaviour, mengunyah permen karet bisa mengurangi rasa lelah dan meningkatkan kewaspadaan.

Disarankan untuk mengunyah permen karet rasa mint setidaknya selama lima menit agar tubuh lebih segar.

  1. Jalan kaki setelah makan
Baca Juga :  Air Hujan Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Sebaiknya, Anda tidak langsung duduk santai setelah makan siang. Berikan waktu buat tubuh bergerak setidaknya dengan jalan kaki atau sekadar naik tangga.

Seperti dilansir dari NDTV, aktivitas fisik sederhana ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan energi.

  1. Banyak minum air putih

Di samping mencegah makan berlebih, minum banyak air putih akan mengurangi rasa lemas, menjaga mood dan lebih bisa konsentrasi. Sebanyak 1,5 liter air bisa dibagi saat bangun tidur, sarapan, sela sarapan dan makan siang, lalu saat makan siang hingga makan malam dan jelang tidur.

  1. Camilan yang tepat

Disadari atau tidak, pilihan camilan di sela sarapan dan makan siang mempengaruhi rasa kantuk. Pilihan camilan tinggi gula akan memicu kantuk. Ini kemudian diperburuk dengan makanan tinggi gula dan lemak olahan selama makan siang.

Baca Juga :  Inilah Manfaat Bunga Telang Untuk Kaum Hawa

Gula memang meningkatkan energi tetapi hanya dalam waktu sementara. Setelahnya, Anda langsung merasa lemas sebab energi turun drastis lalu Anda mulai ingin makan lebih banyak.

  1. Jaga porsi

Harus diakui, porsi makan siang cenderung lebih besar ketimbang porsi sarapan dan makan malam. Namun jika porsinya terlalu besar, Anda akan mengantuk dan lemas.

Sebaiknya jaga porsi makan siang Anda misal dengan cara membagi porsi makan ke dalam porsi makan lebih kecil dan konsumsi makanan selingan tinggi protein.

  1. Sisipkan makanan tinggi zat besi

Tambahkan makanan yang mengandung tinggi zat besi dalam menu makan siang Anda semisal, ikan atau boga bahari lain, tahu, sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah.

Seperti dilansir dari Times of India, zat besi mampu meningkatkan produksi hemoglobin yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh untuk pembentukan energi.

(net)

=========================================================