UMKM
Pemberdayaan SDM Diperlukan Agar UMKM Mampu Dorong Ekonomi Daerah. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID, JAKARTA – Pemerintah daerah merasakan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menopang kesuksesan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas (BBI) luar biasa karena dari kreativitas UMKM banyak konsumen sekarang beralih menggunakan produk lokal.

Untuk itu, pemberdayaan, terutama aspek sumber daya manusia (SDM), harus terus didorong oleh berbagai pihak sehingga UMKM dapat menopang pertumbuhan ekonomi daerah.

“Apalagi setelah pandemi mulai mereda, UMKM di Kalsel terlihat tumbuh kembali dan menopang ekonomi daerah,“ ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai, dalam keterangan tertulisnya yang diterima timetoday.id (group bogor-today.com), Minggu (17/7/2022).

Baca Juga :  Ayah Bejat!! Cabuli Anak Hingga Melahirkan

Menurut Gusti, perusahaan nasional yang beroperasi di Kalsel, terutama BUMN, banyak membantu pemberdayaan UMKM. Dia meminta Pertamina, sebagai salah satu BUMN,  meningkatkan pembinaan terhadap UMKM agar siap bersaing di era digital.

“Sedangkan pemerintah pusat dan daerah berperan sangat aktif untuk menggunakan produk buatan lokal dengan membuat e-katalog. Setiap pemerintah daerah baik Kab. Kota maupun Provinsi dituntut untuk membeli dari APBD sebesar 40 persen dan terus dimonitor dari kementerian yang membidangi,“ jelasnya.

Baca Juga :  Daging Domba Kaleng Ikut Meriahkan Idul Adha

Selain itu, kata Gusti, Pertamina dalam rangka mendukung Gernas BBI diharapkan menyediakan kios khusus untuk penjualan produk lokal di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Makanan dan minumal produk lokal, misalnya, dapat dijual di sana,“ tuturnya.

Tinggalkan Balasan