Kamis, Oktober 6, 2022
No menu items!
BerandaDaerahBendungan Ciawi dan Sukamahi Selesai Tahun Ini

Bendungan Ciawi dan Sukamahi Selesai Tahun Ini

TIMETODAY.ID, BOGOR – Dua mega proyek nasional yakni, Bendungan Ciawi dan Sukamahi, tahun ini akan selesai dan akan diresmikan langsung oleh presiden Republik Indoneisa Jokowi.

“Insyaallah dalam waktu dekat, di tahun ini segera selesai dan segera diresmikan oleh Pak Presiden. Saya bertugas untuk memastikan persiapan-persiapan, juga melaporkan kepada masyarakat,” ujar Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Kang Emil menerangkan, Insyaallah kalau dua bendungan ini jadi, akan mengurangi volume air yang mengalir begitu saja ke Ciliwung. Seperti yang kita tahu Sungai Ciliwung melintasi Jakarta, dengan kehadiran dua proyek ini dengan nilai proyek sekitar 1,6 trilyun rupiah, bisa mengurangi volume air saat musim hujan, sehingga potensi banjir di Jakarta bisa kita kurangi.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor Tetapkan Tiga Raperda Jadi Perda

“Ini menjadi contoh betapa pemerintah serius dalam mengurangi kebencanaan air. Ini adalah dua dari sembilan bendungan yang dibangun di Jawa Barat dalam kepemimpinan Presiden Jokowi.

Mudah-mudahan, lanjut Kang Emil, yang lainnya bisa segera selesai juga,sehingga manajemen air di Jawa Barat yang merupakan provinsi yang paling banyak sungainya bisa kita kelola dengan baik.

Baca Juga :  BPOM Bandung Mengamankan Empat Ribu Kosmetik Ilegal

Soal pengelolaan, Kang Emil menjelaskan, karena ini aset pusat akan dikelola oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Polanya bisa dikelola sendiri, koperasi, atau dilelang ke pihak ketiga.

“Apapun itu aset ini tetap milik negara hanya operatornya fleksibel sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU