Balance Bike Bogor
Komunitas Balance Bike Bogor atau Balabiboo tengah mengikuti lomba balancing bike race di Mako Polresta Bogor Kota dalam rangka Hari Anak Nasional. Foto : Dok. bogor-today.com
TIMETODAY.ID, BOGORBalance Bike Bogor atau lebih dikenal dengan Balabiboo merupakan sebuah komunitas sepeda roda dua tanpa pedal yang diperuntukan bagi anak-anak berusia 18 bulan hingga 6 tahun.
Komunitas Balabiboo sendiri telah hadir di Bogor sejak 2018 lalu. Tujuan dibentuknya adalah untuk melatih keseimbangan dan merupakan cara yang tepat untuk mengajarkan anak menggunakan sepeda roda dua.
Tapi bukan hanya pada keseimbangan saja, balance bike ini memiliki banyak manfaat pada tumbuh kembang anak, diantaranya adalah melatih sensorik, motorik, fokus, emosional pada anak.
Koordinator Balabiboo, Anne Noviani mengungkapkan balance bike tidak hanya berada di Indonesia, akan tetapi di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, Jepang, Inggris, Korea, dan negara maju lainnya sudah lama dijadikan media belajar bersepeda usia dini.
Di Kota Bogor, sambung Anne penyuka balance bike pun berkumpul dalam satu komunitas dengan nama yang sama yang diprakarsai oleh Tri Wibowo dan team bernama Balance Bike Indonesia (BBID).
BBID merupakan komunitas non profit yang berfokus pada tumbuh kembang anak. Untuk membuat bermain semakin menyenangkan, maka dibentuk komunitas ditiap-tiap kota mewakili BBID.
“Sampai saat ini sudah ada 12 kota di Indonesia yang memiliki komunitas Balance Bike dibawah koordinasi BBID, salah satunya adalah kami, Balance Bike Bogor yang juga dikenal dengan Balabiboo,” terang Anne kepada bogor-today.com (group timetoday.id), Sabtu (23/7/2022).
Balancing bike ini juga mengajarkan dan melatih anak makna dari kompetisi,  dan yang paling penting adalah membangun bonding atau hubungan antara seorang ibu dan anaknya dari setiap keluarga itu sendiri.
Kata Anne, Balabiboo sendiri sebetulnya mencakup wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.  Untuk di kabupaten, Balabiboo kerap berlatih area Stadion Pakansari Cibinong.
Namun, untuk di Kota Bogor sejauh ini belum adanya area untuk berlatih yang tetap. Dengan demikian Anne  berharap Pemkot Bogor dapat memfasilitasinya.
“Saya berharap banget kalau Alun-alun Kota Bogor bisa dipakai untuk latihan balabiboo,” harap Anne.
Sebelum pandemi, Balabiboo juga sempat membuat even pada tahun 2019 lalu di GOR Pajajaran Kota Bogor. Namun, setelah pandemi merebak di Bogor even-even, termasuk latihan juga terhenti.
“Kalau untuk anak-anak yang ingin ikut bergabung di Balabiboo, kami ada open member ship yang akan kita buka. Pantau terus aja akun IG kita untuk link registrasinya,” tutup Anne. (Aditya)
Baca Juga :  Sayuran Yang Cocok Untuk Program Diet

Tinggalkan Balasan