Kopi Robusta Kabupaten Bogor Punya Cita Rasa Unik dan Diakui Dunia

Kopi Robusta Kabupaten Bogor

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Kabupaten Bogor memiliki potensi besar dalam pengembangan komoditas kopi. Kopi Robusta Kabupaten Bogor memiliki rasa yang unik, mutu fisik yang relatif bagus dan cita rasa fine. Kemudian meraih banyak prestasi nasional hingga internasional yaitu Bronze Medal Avpa Gourmet Product pada Pameran Sial Paris di Perancis.

Hal ini diungkapkan Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan pada acara panen, pameran kopi dan penyerahan bantuan alat mesin pertanian kepada Kelompok Tani Gunung Batu, di Desa Sukamulya, Sukamakmur, Selasa (31/5/2022) lalu.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menjelaskan, Kabupaten Bogor memiliki potensi besar dalam pengembangan komoditas kopi. Terdapat 6.089 ha perkebunan Kopi Robusta rakyat, dengan jumlah petani kopi mencapai 28.935 orang dan produksi tahun 2021 sebesar 4.150 ton.

Advertisement
Baca Juga :  Perumda PPJ Siapkan Tempat Relokasi Pedagang Jelang Revitalisasi Pasar Bogor

“Kedepan kami akan menjadikan Kecamatan Sukamakmur sebagai sentra kopi, selain jadi destinasi wisata alam, bisa jadi destinasi wisata kopi dan pasar kopi di Kabupaten Bogor. Mari bersama kita sosialisasikan secara luas, agar Sukamakmur ini dikenal sebagai sentra kopi,” ujar Iwan.

kopi robusta kabupaten bogor

Iwan Setiawan berharap semakin banyak anak muda yang masuk di bidang pertanian sehingga dapat lebih banyak memanfaatkan teknologi digital untuk produksi (smart farming) dan pemasaran.

“Dan semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan produksi dan kualitas mutu kopi agar semakin berdaya saing dan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan para petani,” ungkap Iwan Setiawan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Siti Nurianty mengatakan, sesuai dengan salah satu Program Pancakarsa, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan adalah produksi Kopi Robusta terbesar se-Jawa Barat. Berdasarkan data statistik Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Bogor menyumbang 40% dari total produksi Kopi Robusta di Jawa Barat.

Baca Juga :  Jatah Manula Dapat Giliran Vaksinasi

“Adapun sentra produksi Kopi Robusta di Kabupaten Bogor meliputi Kecamatan Sukamakmur, Tanjungsari, Cariu, Babakan Madang, Pamijahan dan Megamendung. Pada hari ini telah dilakukan panen perdana Kopi Robusta yang berasal dari bibit bantuan Pemerintah Kabupaten Bogor pada tahun 2019,” kata Siti Nurianty.

Ia menerangkan, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan kembali menyalurkan  bantuan berupa benih kopi, bantuan bangunan UPH, bantuan bangunan pengering, pulper kopi, mesin grading, huller kopi dan sarana lainnya kepada lima kelompok tani. (*/ri)

=========================================================