Senin, September 26, 2022
No menu items!
BerandaEKBISIndocement Periode Kuartal I Berada Ditingkat 15,9 Persen

Indocement Periode Kuartal I Berada Ditingkat 15,9 Persen

TIME TODAY – Pangsa pasar Indocement untuk periode kuartal I 2021 berada di tingkat 25,9 persen. Pertumbuhan pangsa pasar pada periode ini berada di luar Jawa dari 15,1% menjadi 16,1 persen. Demikian disampaikan Direktur dan Corporate Secretary PT. Indocement Tunggal Prakasa, tbk Antonius Marcos bersama  Direktur Corporate Finance Manager David Halim, saat acara Buka Bersama melalui vitual dengan wartawan media regional Bogor beberapa waktu lalu.

Menurut Antonius, pangsa pasar Indocement ini didukung terutama oleh telah beroperasinya secara optimal dua terminal kami di Pulau Sumatera dan satu floating terminal di Konawe, Sulawesi Tenggara yang secara efisien menopang pertumbuhan permintaan semen di daerah tersebut.

Baca Juga : Indocement Tetap Jalankan Kegiatan Selama Ramadhan 1442 H 

“Total volume penjualan bertumbuh plus 5,5 persen didukung dari peningkatan volume domestik sebesar  plus 3,7 persen dan juga volume ekspor sebesar plus 344,7 persen,” terangnya.

Antonius menambahkan, adapun Marjin Laba Bruto (MLB) meningkat dari 31,7 persen menjadi 32,0 persen dan Laba Periode Berjalan sejumlah Rp 351,3 milyar menurun dibandingkan periode tahun lalu yang disebabkan oleh penurunan Pendapatan Keuangan sebagai dampak dari penurunan suku bunga yang berlangsung sejak tahun 2020 lalu.

Baca Juga :  Permintaan Busana Muslim Mulai Meningkat

“Penguatan Neraca Keuangan yang berlanjut dengan total Kas dan Setara Kas sebesar Rp7,9 triliun. Namun demikian, kami tetap optimis pada pertumbuhan permintaan domestik yang lebih baik pada semester kedua YTD Maret 202,” ujarnya.

Lebih lanjut Antonius mengatakan, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement” atau “Perseroan”) membukukan volume keseluruhan penjualan domestik (semen dan klinker) sebesar 4,1 juta ton pada Kuartal I 2021 meningkat 147 ribu ton atau plus 3,7 persen dari Kuartal tahun lalu.

Baca Juga : Indocement Raih Bintang 5 TOP CSR Awards 2021 

“Volume domestik hanya untuk produk semen tercatat di angka 3,9 juta ton lebih tinggi sebesar 51 ribu ton atau plus 1,3 persen. Secara bersamaan permintaan pasar domestik nasional meningkat plus 2,2 persen, sehingga pangsa pasar Perseroan terkoreksi minus 20 bps menjadi 25,9 persen di Kuartal I 2021 dibandingkan periode tahun lalu sebesar 26,1 persen,” ungkapnya.

Penjualan Diluar Jawa Tumbuh

Lebih jauh Antonius Marcos menjelaskan, bahwa volume penjualan Perseroan di luar pulau Jawa bertumbuh  plus 11,3 persen dari Kuartal I tahun lalu sehingga pangsa pasar meningkat plus 100 bps dari 15,1 persen menjadi 16,1%persen. Peningkatan ini didukung oleh telah beroperasinya Pabrik Tarjun dengan normal dibandingkan tahun lalu, dan juga operasi dua terminal kami di Pulau Sumatera (Lampung danPalembang) yang optimal sehingga dapat meningkatan pangsa pasar plus 120bps dari 12,0 persen menjadi 13,2 persen di Sumatera.

Baca Juga :  Beredar di Eropa Hingga Jadi Maskot Olimpiade Spanyol

“Selain itu Terminal Terapung kami di Konawe, Sulawesi Tenggara dapat memastikan pasokan semen yang lancar untuk proyek smelter sehingga secara keseluruhan pangsa pasar Indocement di pulau Sulawesi tumbuh +180bps dari 6,4% menjadi 8,2%. Pada saat yang bersamaan terjadi penurunan pangsa pasar di pulau Jawa yang menyebabkan koreksi sebesar -100bps dari 35,4% menjadi 34,4% yang disebabkan oleh peningkatan pangsa pasar beberapa pemain non-emiten,” paparnya.

Dijelaskan, pendapatan Neto Perusahaan kata Aantonius meningkat  plus 2,2 persen menjadi Rp3.438,0 miliar dibandingkan Kuartal 1 tahun lalu sebesar Rp3.362,8miliar sebagai dampak dari kombinasi volume penjualan yang lebih tinggi walau harga jual flat dan cenderung lebih rendah; dan juga adanya peningkatan volume ekspor sebesar plus 344.7 persen yang sebagian besar produknya adalah klinker produk setengah jadi semen.

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU