Rencana Pemakaman Philip, Suami Ratu Elizabeth II Berubah

TIME TODAY – Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Jumat 9 Maret 2021 lalu.

“Kami berduka hari ini, dengan Yang Mulia Ratu. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepadanya, dan untuk semua keluarganya, dan kami berterima kasih, sebagai bangsa dan Kerajaan, untuk kehidupan dan karya luar biasa dari Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. ” ucap Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.
Namun berbagai rencana untuk prosesi pemakaman sesuai aturan kerajaan pun berubah karena lockdown virus corona yang diberlakukan di seluruh Inggris.

Penghormatan publik dimasukkan dalam rencana penghormatan meninggalnya Pangeran Philip, meskipun kemungkinan akan terganggu oleh pembatasan pertemuan terkait virus corona. Saat ini, pertemuan di luar ruangan yang melibatkan lebih dari enam orang atau dua rumah tangga dilarang di Inggris, dengan pembatasan serupa di tempat lain di Inggris Raya.

Berikut beberapa bagian penting dari rencana pemakaman Pangeran Philip -yang diberi nama Forth Bridge’ oleh menteri, staf kerajaan, dan media yang sudah diumumkan.

Advertisement

Saat ini, jenazah Pangeran Philip ada di Kastel Windsor, tempat Pangeran dan Ratu Elizabeth II tinggal dalam beberapa bulan terakhir. Philip kembali ke kastel pada pertengahan Maret untuk minggu-minggu terakhirnya, setelah keluar dari rumah sakit di London setelah menjalani operasi jantung.

Baca Juga :  Bupati Tidak Beri Perintah, Disinyalir Ade Yasin Dizolimi

Baca Juga : China Kirim 20 Jet Tempur ke Zona Pertahanan Taiwan

Baca Juga : PBB Hanya Bisa Keluarkan Kata “Mengecam” soal Demo Berdarah Myanmar

Jenazahnya akan disemayamkan di dalam kastil, sampai upacara pemakamannya di Kapel St. George yang juga ada di area kastel tersebut. Pengaturan itu sejalan dengan kebiasaan kerajaan dan dengan keinginan Philip, menurut College of Arms, lembaga perencanaan kerajaan.

Pada hari Jumat, College of Arms “dengan menyesal meminta agar anggota masyarakat tidak berusaha untuk menghadiri atau berpartisipasi dalam acara apa pun yang membentuk pemakaman.”

“Meskipun ini adalah waktu yang sangat sulit bagi banyak orang, kami meminta masyarakat untuk tidak berkumpul di Royal Residences, dan terus mengikuti saran kesehatan masyarakat terutama untuk menghindari pertemuan dalam kelompok besar dan meminimalkan perjalanan,” kata juru bicara Kantor Kabinet dalam sebuah pernyataan.

“Kami mendukung Keluarga Kerajaan yang meminta agar masyarakat tak meletakkan karangan bunga di Royal Residences saat ini.”

Bendera di gedung kerajaan akan dikibarkan setengah tiang hingga pukul 8 pagi setelah pemakaman kakek Pangeran William dan Harry itu. Bendera yang dimaksud adalah semua bendera “resmi” Inggris – Union Jack, bendera Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Peserta Pemilu 2024

Baca Juga : Puluhan Korban Terjepit Reruntuhan Kereta

Bendera di atas sebagian besar gedung pemerintah, termasuk 10 Downing Street, juga telah diturunkan.

Penghormatan senjata akan ditembakkan ke seluruh Inggris pada siang hari pada hari Sabtu, Kementerian Pertahanan Inggris menulis dalam sebuah pernyataan.

“Di Inggris Raya, di Gibraltar dan di Kapal HM di laut, baterai penghormatan akan menembakkan 41 putaran pada satu putaran setiap menit selama 40 menit,” tulisnya.

“Masyarakat didorong untuk mengamati penghormatan senjata dari rumah, itu akan berlangsung di balik pintu tertutup tetapi disiarkan secara online dan di televisi,” tambah pernyataan itu.

Jika biasanya, pemakaman anggota kerajaan akan disiarkan di televisi dan akan menampilkan beberapa elemen publik, tetapi upacara atau prosesi militer apa pun kemungkinan besar akan berlangsung di balik tembok kastel, untuk mencegah masyarakat berkumpul.

Biasanya, pemakaman seperti itu dihadiri oleh kepala negara dari seluruh dunia.

Tetapi hanya hingga 30 orang saat ini yang diizinkan menghadiri pemakaman di Inggris, dengan langkah-langkah jarak sosial. Ini tidak akan berubah pada hari Senin, meskipun negara itu memasuki tahap kedua “membuka”, jadi pemakaman Philip kemungkinan hanya akan melibatkan anggota keluarga dan teman-teman terdekat serta pembantunya. (net)

=========================================================